Resensi Buku
Judul
Buku :
Profesi Kependidikan “Perspektif Guru Profesional”
Penulis :
Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.
Dr.
Hj. Aslamiah Ahmad, M.Pd., Ph.D.
Sulistiyana,
S.Pd., M.Pd.
Penerbit :
PT RajaGrafindo Persada, Jakarta
Tempat
dan Th Terbit : Kharisma Putra Utama
Offset, 2015
Jumlah
Halaman : 212 halaman
ISBN : 978-979-769-914-7
Profesionalisme Guru
Guru
merupakan salah satu unsur terpenting dalam sebuah pendidikan. Kualitas peserta
didik didapatkan dari pendidikan yang bermutu dan guru yang profesional.
Peningkatan kualitas guru harus ditingkatkan karena pendidikan bermutu salah
satunya ditentukan oleh profesionalisme guru. Apabila guru selalu meningkatkan
kualitasnya, maka pendidikan akan menciptakan peserta didik dengan kualitas
yang unggul. Namun, pada kenyataannya profesionalisme guru masih jauh dari pada
yang diharapkan sesuai dengan harapan dan tujuan pemerintah.
Buku ini membahas mengenai guru
profesional yang secara utuh yaitu hakikat profesi guru yang disertai dengan
pembahasan mengenai profesi kependidikan lainnya, seperti: bimbingan dan
konseling, administrasi sekolah, supervisi pendidikan, dan manajemen berbasis
sekolah.
Dalam pembahasan mengenai materi
hakikat profesi guru, penulis membahas mengenai: profesi guru dan syarat
menjadi guru yang professional, tugas dan fungsi seorang guru, indikator
seorang guru, serta organisasi guru dan kode etik guru Indonesia. Untuk
pembahasan mengenai profesi kependidikan lainnya, di dalam materi bimbingan dan
konseling membahas mengenai pengertian, peranan di sekolah, prinsip, asas,
landasan, struktur organisasi, orientasi, kode etik, dan bidang-bidang lain
seperti: bimbingan belajar, sosial, pribadi, dan karier. Sedangkan dalam materi
administrasi sekolah, penulis membahas mengenai tiga poin penting yaitu:
pengertian, fungsi dan kegiatan-kegiatan. Pada materi supervisi pendidikan
membahas mengenai perlunya pembinaan pada seorang guru, pengertian, fungsi, dan
tanggung jawab, sedangkan untuk manajemen berbasis sekolah membahas mengenai
latar belakang, pengertian, tujuan dan manfaat, prinsip dasar, dan konsep dasar
kondisi pendukung dalam manajemen berbasis sekolah.
Buku ini memberikan bekal pemahaman
dan kemampuan bagi calon guru, maupun bagi guru, dan bagaimana menjadi guru
yang profesional. Selain itu, juga dapat dijadikan bahan kajian bagi calon guru
yang sedang memperdalam ilmu di lingkungan perguruan tinggi maupun bagi
guru-guru dan kepala sekolah yang bertugas, karena buku ini tidak hanya
memberikan penjelasan dan kajian yang bersifat teoritik tetapi juga yang
aplikatif di sekolah. Juga dapat dimanfaatkan bagi pengawas sekolah sebagai
bahan referensi dalm rangka melakukan pembinaan untuk sekolah tentang
profesionalisme guru dan pembinaannya. Namun, buku ini belum menekankan
mengenai perspektif guru professional secara mendalam melainkan menambahkan
beberapa materi pendukung dalam profesi pendidikan.
Buku ini sangat menarik untuk dibaca
oleh kalangan mahasiswa, terutama para calon guru,buku ini memiliki cover yang
jelas dan natural, terdapat materi-materi penting mengenai semua tentang guru
dan cakupannya, isi pemahasan yang mudah dipahami dengan tidak hanya uraian
melainkan poin-poin penting, selain itu menggunakan sumber yang terpercaya
untuk menulis bahan materi, seperti: ketentuan pemerintah dan tokoh-tokoh
pendidikan.
Sebagai calon guru maupun guru,
harus mengerti dan memahami tentang apa itu profesi kependidikan terutama
hakikat seorang guru, dengan mengetahui dan memahami dapat dijadikan pedoman
dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru dan mencapai hasil yang sesuai
dengan apa yang diharapkan.
Guru yang profesional tidak akan dapat
dicapai dengan waktu yang singkat walaupun diberi dorongan berupa tunjangan
profesi dan lain-lainnya, untuk menjadi guru yang profesional harus
dipersiapkan secara matang sebelum para calon guru menjadi guru. Selain itu, perlu
dilanjutkan dengan pembinaan yang optimal kepada guru saat bertugas sebagai
guru yang dilakukan secara berkelanjutan.
Pertanyaan
Analitis:
1.
Apakah profesionalisme seorang guru
dapat diukur?
Jika iya, bagaimana pengukuran dan hasil dari
profesionalisme seorang guru secara menyeluruh, mengingat guru di Indonesia
tidak merata di berbagai daerah.
2.
Bagaimana hasil konkret yang telah
diperoleh dari seorang guru yang profesional, yang pada kenyataannya masih jauh
dari apa yang diharapkan?
Tolak ukur seperti apa yang menjadi pedoman guru
dapat dikatakan profesional, mengingat profesionalisme guru itu perspektif.
Yuk Coba Keberuntunganmu Setiap Hari... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik di Indonesia, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.
BalasHapus