Jumat, 28 April 2017

contoh meresensi sebuah buku

Resensi Buku
Judul Buku                  : Profesi Kependidikan “Perspektif Guru Profesional”
Penulis                         : Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.
Dr. Hj. Aslamiah Ahmad, M.Pd., Ph.D.
Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.
Penerbit                       : PT RajaGrafindo Persada, Jakarta
Tempat dan Th Terbit : Kharisma Putra Utama Offset, 2015
Jumlah Halaman          : 212 halaman
ISBN                           : 978-979-769-914-7
 
Profesionalisme Guru
            Guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam sebuah pendidikan. Kualitas peserta didik didapatkan dari pendidikan yang bermutu dan guru yang profesional. Peningkatan kualitas guru harus ditingkatkan karena pendidikan bermutu salah satunya ditentukan oleh profesionalisme guru. Apabila guru selalu meningkatkan kualitasnya, maka pendidikan akan menciptakan peserta didik dengan kualitas yang unggul. Namun, pada kenyataannya profesionalisme guru masih jauh dari pada yang diharapkan sesuai dengan harapan dan tujuan pemerintah.
            Buku ini membahas mengenai guru profesional yang secara utuh yaitu hakikat profesi guru yang disertai dengan pembahasan mengenai profesi kependidikan lainnya, seperti: bimbingan dan konseling, administrasi sekolah, supervisi pendidikan, dan manajemen berbasis sekolah.
            Dalam pembahasan mengenai materi hakikat profesi guru, penulis membahas mengenai: profesi guru dan syarat menjadi guru yang professional, tugas dan fungsi seorang guru, indikator seorang guru, serta organisasi guru dan kode etik guru Indonesia. Untuk pembahasan mengenai profesi kependidikan lainnya, di dalam materi bimbingan dan konseling membahas mengenai pengertian, peranan di sekolah, prinsip, asas, landasan, struktur organisasi, orientasi, kode etik, dan bidang-bidang lain seperti: bimbingan belajar, sosial, pribadi, dan karier. Sedangkan dalam materi administrasi sekolah, penulis membahas mengenai tiga poin penting yaitu: pengertian, fungsi dan kegiatan-kegiatan. Pada materi supervisi pendidikan membahas mengenai perlunya pembinaan pada seorang guru, pengertian, fungsi, dan tanggung jawab, sedangkan untuk manajemen berbasis sekolah membahas mengenai latar belakang, pengertian, tujuan dan manfaat, prinsip dasar, dan konsep dasar kondisi pendukung dalam manajemen berbasis sekolah.
            Buku ini memberikan bekal pemahaman dan kemampuan bagi calon guru, maupun bagi guru, dan bagaimana menjadi guru yang profesional. Selain itu, juga dapat dijadikan bahan kajian bagi calon guru yang sedang memperdalam ilmu di lingkungan perguruan tinggi maupun bagi guru-guru dan kepala sekolah yang bertugas, karena buku ini tidak hanya memberikan penjelasan dan kajian yang bersifat teoritik tetapi juga yang aplikatif di sekolah. Juga dapat dimanfaatkan bagi pengawas sekolah sebagai bahan referensi dalm rangka melakukan pembinaan untuk sekolah tentang profesionalisme guru dan pembinaannya. Namun, buku ini belum menekankan mengenai perspektif guru professional secara mendalam melainkan menambahkan beberapa materi pendukung dalam profesi pendidikan.
            Buku ini sangat menarik untuk dibaca oleh kalangan mahasiswa, terutama para calon guru,buku ini memiliki cover yang jelas dan natural, terdapat materi-materi penting mengenai semua tentang guru dan cakupannya, isi pemahasan yang mudah dipahami dengan tidak hanya uraian melainkan poin-poin penting, selain itu menggunakan sumber yang terpercaya untuk menulis bahan materi, seperti: ketentuan pemerintah dan tokoh-tokoh pendidikan.
            Sebagai calon guru maupun guru, harus mengerti dan memahami tentang apa itu profesi kependidikan terutama hakikat seorang guru, dengan mengetahui dan memahami dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru dan mencapai hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan.
Guru yang profesional tidak akan dapat dicapai dengan waktu yang singkat walaupun diberi dorongan berupa tunjangan profesi dan lain-lainnya, untuk menjadi guru yang profesional harus dipersiapkan secara matang sebelum para calon guru menjadi guru. Selain itu, perlu dilanjutkan dengan pembinaan yang optimal kepada guru saat bertugas sebagai guru yang dilakukan secara berkelanjutan.
Pertanyaan Analitis:
1.    Apakah profesionalisme seorang guru dapat diukur?
Jika iya, bagaimana pengukuran dan hasil dari profesionalisme seorang guru secara menyeluruh, mengingat guru di Indonesia tidak merata di berbagai daerah.
2.    Bagaimana hasil konkret yang telah diperoleh dari seorang guru yang profesional, yang pada kenyataannya masih jauh dari apa yang diharapkan?
Tolak ukur seperti apa yang menjadi pedoman guru dapat dikatakan profesional, mengingat profesionalisme guru itu perspektif.

1 komentar:

  1. Yuk Coba Keberuntunganmu Setiap Hari... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik di Indonesia, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.



    BalasHapus