MINAT BELAJAR SISWA SMA JURUSAN IPS
TERHADAP MATAPELAJARAN EKONOMI
Minat
belajar siswa terhadap Matapelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA)
jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) perlu dibimbing dan diarahkan. Karena,
minat belajar siswa terhadap suatu matapelajaran akan mempengaruhi proses
belajar. Jika proses belajar berjalan dengan lancar, siswa dapat memaksimalkan hasil ujian-ujian
sekolah dan apabila proses belajar berjalan tidak lancar akan menghambat proses
belajar selanjutnya. Selain itu, Matapelajaran Ekonomi merupakan salah satu
matapelajaran wajib bagi jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan diujikan
dalam Ujian Nasional (UAN). Maka dari itu, siswa SMA di Jurusan IPS harus
memiliki minat belajar yang tinggi terhadap Matapelajaran Ekonomi supaya proses
belajar berjalan dengan lancar dan mendapatkan nilai terbaik saat Ujian
Nasional. Namun, tidak semua siswa SMA jurusan IPS memiliki minat belajar yang
tinggi tehadap Matapelajaran Ekonomi. Peran dari pendidik, keluarga, dan teman
kepada siswa yang tidak memiliki minat belajar terhadap Matapelajaran Ekonomi
dapat memberikan motivasi agar siswa tersebut memiliki minat belajar terhadap
Matapelajaran Ekonomi. Tetapi, peran
dari para agen yang seharusnya dapat membimbing siswa untuk meningkatkan
minat belajar pada Matapelajaran Ekonomi tidak memberikan dampak yang baik terhadap
minat belajar siswa.
Tidak
semua siswa SMA jurusan IPS memiliki minat belajar terhadap Matapelajaran
Ekonomi. Hal ini terjadi karena faktor internal dan faktor eksternal yang dapat
mempengaruhi siswa. Faktor internal datang dari pribadi siswa sendiri, antara
lain: tidak menyukai Matapelajaran Ekonomi, tidak pandai dalam hitung
menghitung, dll. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan siswa
berkembang, antara lain: teman yang tidak menyukai Matapelajaran Ekonomi, guru
pengampu yang ditakuti, dll. Faktor-faktor tersebut dapat dikurangi dengan memberikan
arahan kepada siswa dan proses belajar mengajar yang baik oleh pendidik dengan
menciptakan suasana yang kondusif, terutama pendidik yang mengampu
Matapelajaran Ekonomi.
Pendidik
yang mengampu Matapelajaran Ekonomi dalam meningkatkan minat belajar siswa
terkadang membuat minat belajar siswa menurun. Hal ini bisa terjadi karena
pendidik belum bisa menerapkan metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan
apa yang diharapkan oleh siswanya, seperti: proses belajar yang hanya menggunakan
1 metode pembelajaran, hal ini sering membuat siswa bosan saat proses belajar
mengajar berlangsung. Pendidik dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap
Matapelajaran Ekonomi dengan menggunakan cara-cara yang baru dan disukai oleh
siswa, seperti: penggunaan metode pembelajaran yang diubah dari dalam kelas
menjadi keluar kelas/terjun langsung ke lapangan.
Minat belajar seorang siswa SMA jurusan
IPS terhadap Matapelajaran Ekonomi berbeda-beda antara siswa yang satu dengan
siswa yang lainya. Seorang pendidik terutama pengampu Matapelajaran Ekonomi
memiliki peranan paling penting daripada keluarga dan teman dalam mempengaruhi
minat belajar siswa terhadap Matapelajaran Ekonomi. Faktor-faktor yang
mempengaruhi minat belajar siswa terhadap Matapelajaran Ekonomi dapat dikelola
dan diarahkan oleh berbagai agen yang berada di sekitar siswa, baik faktor
penghambat maupun pendorong.
Pendidik Matapelajaran Ekonomi di
SMA harus mengetahui karakter siswa yang akan dibimbing terlebih dahulu,
sehingga dapat menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan saat proses
belajar mengajar berlangsung dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Diharapkan siswa dapat memiliki minat belajar yang
tinggi dan memperoleh nilai maksimal saat ujian. Selain itu, siswa tidak hanya
pandai menerima materi tetapi juga mengerti dan dapat mengaplikasikan materi
Matapelajaran Ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar