Kamis, 27 April 2017

belajar menulis



MINAT BELAJAR SISWA SMA JURUSAN IPS
TERHADAP MATAPELAJARAN EKONOMI




Minat belajar siswa terhadap Matapelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) perlu dibimbing dan diarahkan. Karena, minat belajar siswa terhadap suatu matapelajaran akan mempengaruhi proses belajar. Jika proses belajar berjalan dengan lancar,  siswa dapat memaksimalkan hasil ujian-ujian sekolah dan apabila proses belajar berjalan tidak lancar akan menghambat proses belajar selanjutnya. Selain itu, Matapelajaran Ekonomi merupakan salah satu matapelajaran wajib bagi jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan diujikan dalam Ujian Nasional (UAN). Maka dari itu, siswa SMA di Jurusan IPS harus memiliki minat belajar yang tinggi terhadap Matapelajaran Ekonomi supaya proses belajar berjalan dengan lancar dan mendapatkan nilai terbaik saat Ujian Nasional. Namun, tidak semua siswa SMA jurusan IPS memiliki minat belajar yang tinggi tehadap Matapelajaran Ekonomi. Peran dari pendidik, keluarga, dan teman kepada siswa yang tidak memiliki minat belajar terhadap Matapelajaran Ekonomi dapat memberikan motivasi agar siswa tersebut memiliki minat belajar terhadap Matapelajaran Ekonomi. Tetapi, peran  dari para agen yang seharusnya dapat membimbing siswa untuk meningkatkan minat belajar pada Matapelajaran Ekonomi tidak memberikan dampak yang baik terhadap minat belajar siswa.
Tidak semua siswa SMA jurusan IPS memiliki minat belajar terhadap Matapelajaran Ekonomi. Hal ini terjadi karena faktor internal dan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi siswa. Faktor internal datang dari pribadi siswa sendiri, antara lain: tidak menyukai Matapelajaran Ekonomi, tidak pandai dalam hitung menghitung, dll. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan siswa berkembang, antara lain: teman yang tidak menyukai Matapelajaran Ekonomi, guru pengampu yang ditakuti, dll. Faktor-faktor tersebut dapat dikurangi dengan memberikan arahan kepada siswa dan proses belajar mengajar yang baik oleh pendidik dengan menciptakan suasana yang kondusif, terutama pendidik yang mengampu Matapelajaran Ekonomi.
Pendidik yang mengampu Matapelajaran Ekonomi dalam meningkatkan minat belajar siswa terkadang membuat minat belajar siswa menurun. Hal ini bisa terjadi karena pendidik belum bisa menerapkan metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh siswanya, seperti: proses belajar yang hanya menggunakan 1 metode pembelajaran, hal ini sering membuat siswa bosan saat proses belajar mengajar berlangsung. Pendidik dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap Matapelajaran Ekonomi dengan menggunakan cara-cara yang baru dan disukai oleh siswa, seperti: penggunaan metode pembelajaran yang diubah dari dalam kelas menjadi keluar kelas/terjun langsung ke lapangan.
            Minat belajar seorang siswa SMA jurusan IPS terhadap Matapelajaran Ekonomi berbeda-beda antara siswa yang satu dengan siswa yang lainya. Seorang pendidik terutama pengampu Matapelajaran Ekonomi memiliki peranan paling penting daripada keluarga dan teman dalam mempengaruhi minat belajar siswa terhadap Matapelajaran Ekonomi. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap Matapelajaran Ekonomi dapat dikelola dan diarahkan oleh berbagai agen yang berada di sekitar siswa, baik faktor penghambat maupun pendorong.
            Pendidik Matapelajaran Ekonomi di SMA harus mengetahui karakter siswa yang akan dibimbing terlebih dahulu, sehingga dapat menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan saat proses belajar mengajar berlangsung dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Diharapkan  siswa dapat memiliki minat belajar yang tinggi dan memperoleh nilai maksimal saat ujian. Selain itu, siswa tidak hanya pandai menerima materi tetapi juga mengerti dan dapat mengaplikasikan materi Matapelajaran Ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar